Saturday, March 14, 2009

Seminar dan Pelatihan Entrepreneur

0 comments
Sampai bulan Febrauri 2009, saya sudah 8x memberikan seminar / pelatihan entrepreneur / entrepreneurship / kewirausahaan di Maadsa Communication School dengan prinsip-prinsip NLP (dulunya disebut Success University) di Bandung dan sekitarnya.

Pesertanya pelatihan biasanya sangat beragam, mahasiswa, calon entrepreneur, entrepreneur yang gagal dan bahkan karyawan yang akan melangkah ke pensiun muda.

Pada pelatihan ini saya membagikan kiat-kita sukses seorang entrepreneur, dan yang lebih menarik adalah ketika saya sharing bagaimana kisah saya sebagai mantan karyawan, mantan manager dan mantan Direktur Diklat PT.INTI (BUMN) di Bandung.

Rata-rata para peserta ingin mengetahui kiat-kiat sukses saya dan istri. Sang istri mempunyai bisnis penjahit baju muslim sajek 2003 yang lalu saat saya pensiun muda dari BUMN. Kisah yang menarik selalu bermula dari kisah kami mengawali bisnis ini, peristiwa up-and-down, dan kisah-kisah menggelikan saat gagalnya usaha ini di awal bisnis.

Hal yang menarik adalah, banyak para mahasiswa yang tertarik entrepreneurship. Ini sangat jauh berbeda dengan masa saya kuliah di ITB tahun 1978 dahulu.

Dari pengalaman saya pribadi dan rekan-rekan yang berhasil, suksesnya seorang calon entrepreneur adalah sbb:
1. Entrepreneur harus dianggap sebagai karier, yang ada prosesnya secara bertahap
2. Keyakinan bahwa setiap orang bisa sukses bila tetap konsisten / istiqomah
3. Selalu mengembangkan kemampuannya (business skill)
4. Mempunyai role-model entrepreneur dalam bidangnya
5. Menghilangkan rasa ego, gengsi dan perasaan malu
6. Mau belajar dan bertanya kepada para ahli yang sudah sukses
7. Menjiwai entrepreneur dan tetap bertahan dalam kondisi sulit
8. Mempunyai grup/rekan yang sama-sama ingin belajar menjadi entrepreneur sukses

Entrepreneurship juga ada prosesnya. Bagi mantan karyawan, mereka sering menginginkna hasil yang "instant", dan hal inilah yang sering membuat gagalnya memulai bisnis pada second career ini.

Semoga Allah memberikan jalan dan kemudahan bagi bisnis para pembaca..........
Amin.

Ir. Adhi Susilo CI, CH, CHt - http://nlp4business.blogspot.com

Comments

0 comments to "Seminar dan Pelatihan Entrepreneur"

Post a Comment

 

Copyright 2009 All Rights Reserved BloggerTheme and Mind Mastery Training