Saturday, March 14, 2009

Workshop Purna Bhakti Sukses PT.LEN Industri

0 comments
Workshop 2 hari Purna Bhakti Sukses yang merupakan second career bagi PT.LEN Industri Bandung, saya nilai sukses. Pelatihan ini diakhiri dengan firewalk dan jual produk di jalan / lapangan seperti halnya pelatihan salesmanship. Ini adalah pelatihan yang ke-3 kalinya di perusahaan ini.

Hasilnya, ada beberapa alumni yang membuka usaha agen HP, membuka konsultan, membuka Event Organizer Pelatihan, Agen AC dan juga jualan mie jawa (mie Gunung Kidul).

Saya akan menyoroti bagaimana kiat-kiat sukses yang saya berikan pada warung mie jawa ini, yang sepertinya dianggap low technology, (dibandingkan PT.LEN Industri yang sarat dengan peralatan high technology).

Bapak Murtioso, insinyur dari ITB ini, salah satu peserta pelatihan ini saya berikan motivasi, bahwa pensiun tidak perlu melakukan hal yang sama dengan di kantor. Yang penting adalah pendapatan yang bisa setara bahkan melebihi gaji di PT.LEN Industri.

Ketika Pak Mur ini pulang ke Yogya, tetangga di yogya rupanya cukup sukses membuka warung mie jawa, yang ternyata dari daerah Gunung Kidul, daerah terpencil dan masih miskin.

Setelah dihitung-hitung, ternyata untung bersih makanan jenis ini adalah 30%-40%.
Singkat cerita, beliau "memboyong" sebuah keluarga koki mie dari Gunung Kidul ke Bandung, dan membuka di warung mie di sekiar jl. Dipati ukur Bandung

Sejak buka 3 hari, warungnya "meledak", buka jam 4 sore, jam 20 malam sudah habis. Mengapa bisa demikian?
Momentum! Yaitu membuka warungnya 3 hari menjelang puasa.....

Sampai hari ini bapak ini tersenyum simpul, karena untung bersihnya setiap bulan minimal 2x lipat dibandingkan dengan gaji di kantornya dulu.
"Pak Adhi, ini benar-benar dahsyat! Warung saya masuk kuliner ANTV dan masuk salah satu majalah kuliner terkemuka". "Terima kasih ilmunya pak",ungkap bapak Murtioyo dengan bangganya, sambil mentraktir makan kami sekeluarga.

Apa kiat suksesnya?
1. Serius dalam bisnisnya, walaupun low technology business
2. Memiliki sistem yang prima, Sistem Operasi Prosedur- SOP (standard bumbu, standart penyajian dll)
3. Membuat dan menerapkan QC (quality Control) seperti di pabrik PT.LEN Industri.
4. Memiliki multi sourcing sumber bahan baku (ayam, sayuran, bumbu, dll)
5. Konsisten dengan bisnisnya
6. Selalu melakukan benchmark (modeling) dengan pesaingnya

Dalam pelatihan ini saya memberikan prinsip-prinsip NLP yang langsung diaplikasikan dalam entrepreneurship, seperti modeling, excellence communication, belief changing, presupposition, goal/outcome, motivation, self confidence programming, anchor.

Semoga Allah memberikan jalan kesuksesan bagi bisnis para pensiunan PT.LEN Industri ini.
Amin.

Ir. Adhi Susilo CI, CH, CHt - http://nlp4business.blogspot.com

Comments

0 comments to "Workshop Purna Bhakti Sukses PT.LEN Industri"

Post a Comment

 

Copyright 2009 All Rights Reserved BloggerTheme and Mind Mastery Training